Smartertrack – pilihan aplikasi layanan online helpdesk terbaik

#smartertrack #whmcs #masterweb #helpdesk

Smartertrack – Pilihan aplikasi layanan online helpdesk terbaik.

Bismillah.. semoga postingan kali ini disertai rahmat dan berkah Allah SWT.

Dalam kesempatan kali ini kami akan review salah satu aplikasi layanan online helpdesk yang menjadi salah satu pilihan terbaik dalam pelayanan online pada perusahaan Anda yaitu Smartertrack. Tulisan ini dibuat karena memang kita sudah uji coba dan sudah diterapkan pada beberapa Perusahaan terkemuka di Indonesia yang salah satunya kami handle, yang sejauh ini menurut versi kami merupakan aplikasi terbaik dalam membantu pelayanan untuk Customer ataupun calon Customer, kami akan coba tuliskan mengenai apa itu aplikasi Smartertrack dan bagaimana cara installasi dan gambaran pengoperasiannya.

Smartertrack adalah aplikasi online helpdesk berbasis web yang cara kerjanya mendistribusikan dan memanage pesan atau email masuk yang bisa disebut juga email ticketing keseluruh Agent yang ditugaskan pada suatu email POP yang dijadikan central komunikasi. Aplikasi ini diinstall pada server berbasis Windows karena memang bahasa pemograman yang digunakan menggunakan ASP (Active Server Pages) dengan engine webserver menggunakan IIS (Internet Information Services), kita akan coba tuliskan bagaimana langkah installasinya namun khusus tulisan ini dibuat installasi secara localhost:

Pertama tama, tentunya sudah disiapkan server berbasis OS Windows, yang kami pernah install menggunakan OS Windows 10 yang terkoneksi keinternet pastinya, bisa berupa VM (Virtual Machine) ataupun Dedicated (Fisik), lalu aktifkan IIS (Internet Informations Service), di menu Control Panel => Programs and Features => Turn Windows Features on or off, berikut screenshut sebagai gambaran.

Lalu download beberapa installer seperti Smartertrack , mysql-workbench-community-8.0.12-winx64 dan mysql-installer-web-community-5.7.27.0, artinya database yang kami gunakan mysql versi 5.7 dengan pengeloaannya menggunakan mysql workbench dengan installasi aplikasi smartertrack. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini berbayar, walaupun ada software versi free, namun belum bisa memenuhi kebutuhan jika perusahaan Anda berpotensi berkembang, keterangan fitur2 lengkapnya bisa merujuk pada site resmi smartertools .

Selanjutnya silakan Anda installkan database mysql dari file exe yang sudah didownload sebelumnya, detail petunjuk installasi mungkin bisa klik eksternal disini , jika sudah terinstall lanujut untuk create nama databases, beserta username dan password password databasenya, lebih cepat mungkin bisa langsung dari command line (CMD), sebagai petunjuk ekternal bisa klik disini , jika sudah dibuatkan nama, user dan password databasenya berikutnya Anda bisa lakukan installasi aplikasi smtartertrack, hanya tinggal klik next saja beberapa kali hingga finish.

Jika sudah silakan Anda akses browser Anda http://localhost/ , jika sukses nantinya akan tampil form seperti pada screenshut berikut:

isikan nama, user dan password databases yang sudah Anda buat sebelumnya, lalu klik NEXT. Jika sukses terkoneksi nantinya akan memproses installasi seperti pada screenshut berikut,

dan terakhir ketika proses installasi selesai berikutnya menentukan user admin dan password sebagai backend pengelolaannya nanti sehingga sampailah ke tahap completed.

Pada screenshut diatas terlihat link untuk pengelolaan ataupun configurasi. Pada smartertrack versi free tidak bisa sepenuhnya terdapat fitur yang dibutuhkan dalam pelayanan helpdesk yang menurut kami terlalu minimal, baiknya Anda bisa request trial sebulan ke pihak smatertool agar bisa melihat fitur keseluruhan, berikut screenshut configurasi yang ada pada aplikasi yang full fitur,

Untuk penjelasan masing2 fitur lengkapnya bisa merujuk pada link dokumentasi resminya yaitu https://help.smartertools.com/SmarterTrack/v14/ , terlihat secreenshut diatas merupakan aplikasi smtartertrack pada full licensed, banyak fitur yang berguna seperti email relaying dalam pengdistribusian email ke setiap staff/agent Anda, livechat, pengaturan template dan lain sebagainya yang sangat efektif bagi pendukung layanan customer pada Perusahaan Anda.

Aplikasi ini bisa juga dintegerasikan dengan billing sistem WHMCS yang paling popular saat ini sebagai alternatif terbaik sebagai sistem order, memanage paket produk, dan banyak kegunaan lainnya yang kini banyak digunakan oleh Perusahaan besar digital dunia. Khusus aplikasi smartertrack untuk mengintegerasikannya tersedia addon module yang sudah disediakan yang bisa didownload dari site resminya disini , yang hanya memasangkannya pada menu addon module di WHMCS dan hubungkan API atau login admin smtartertrack yang sudah berfungsi sehingga berhasil terkoneksi, selanjutnya ada menu syncronize untuk saling mengimport data aplikasi pada sitem billing WHMCS anda sudah ada beberapa klien yang nanti masuk ke smartertrack sehingga supportticket yang ada pada WHMCS beralih menggunakan smartertrack, jadi supportticket yang tadinya pada WHMCS dalam berkomunikasi dengan klien dengan basic database dalam menyimpan pesan, jadi ketika sudah pindah ke smartertrack menjadi basic email (email ticketing) sehingga klien memiliki 2 alternatif dalam berkomunikasi yaitu via email dan portal smartertrack klien yang keduanya sama saja dalam menginput/mengirim pesan.

Demikian Sharingnya, Semoga bermanfaat, apabila Perusahaan Anda berminat bisa mencobanya, dan jika butuh bantuan mengenai aplikasi ini, bisa menghubungi team kami.

Terima kasih..

Leave a Reply